Bantu Warga Komodo Mendapatkan 5000 Galon Untuk Mengakses Air Bersih

WAIenglish

Masih terkenang saat pertama kali mengenal kehangatan masyarakat Manggarai Barat tahun 2010. Sangat beruntung ketika diberi kesempatan untuk bersama-sama membangun inisiatif air bersih untuk masyarakat di Desa Papagarang, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Dengan segala kerendahan hati, saya ingin mengajak teman-teman ikut berpartisipasi di kegiatan ini. Cerita lengkapnya begini:

KOMODO WAI

Pulau Komodo terkenal dengan keindahan alamnya dan binatang Komodo yang langka. Akan tetapi, karena iklimnya yang kering, sejak dulu, masyarakat sekitar P.Komodo hidup dalam krisis air bersih. Mereka mengkonsumsi air payau yang asin dan berbahaya bagi kesehatan karena mengakibatkan penyakit diare dan kolera.

Penduduk Papagarang

Sumur Papagarang

Jika mereka ingin mengkonsumsi air bersih, mereka harus membeli air dengan menyeberang menggunakan kapal ke Labuan Bajo yang terletak di pulau lain dengan jarak 2 jam. Harga air tersebut Rp. 10.000,- per gallon dan jumlahnya pun sangat terbatas.

Komodo Map

Pada tahun 2011, Tim Komodo WAI dibentuk dan bersama masyarakat mulai membangun stasiun air bersih langsung di pulau sehingga kini kebutuhan air bersih bisa terpenuhi dengan harga yang lebih murah (Rp 6.000,- per galon air langsung minum).

RO Papagara

WAI

Untuk distribusi air ke masyarakat pulau sekitar, membutuhkan galon-galon air. Nah, untuk tahap pengembangan awal, akan dimulai dgn 5000 galon pertama. Dengan harga 26rb per galonnya, dibutuhkan total 130 juta pada tahap pertama. Galon akan menjadi aset masyarakat sebagai bagian dr usaha bersama air bersih ini.

Jadi agar berkelanjutan, kami bentuk usaha bersama masyarakat lokal. Sehingga, bantuan ke masyarakat serta modal yang mereka miliki bisa dikelola sebagai bisnis sosial, dan akhirnya mereka memiliki modal bersama untuk tumbuh. Nantinya, kita bisa mengembangkan bersama sektor usaha lokal lain seperti perikanan, garam, atau pariwisata. Semoga dengan air bersih ini, bisa menjadi awal untuk membantu teman-teman meningkatkan kualitas kehidupan.

Saat ini sudah terkumpul 2000 galon dari total 5000 galon yang dibutuhkan. Dan pengiriman tahap pertama dilakukan di awal Maret untuk segera dioperasikan di Komodo. Rencana penggalangan akan dilakukan hingga akhir Maret ini, untuk memenuhi kebutuhan 3000 galon berikutnya.

Teman-teman bisa ikut berkontribusi dengan salah satu atau semua dari 3 hal di bawah ini:
1. Ikut serta dalam program crowdfunding Komodo WAI ini dan membantu masyarakat Komodo mengumpulkan 5000 galon yang akan menjadi aset masyarakat lokal Komodo tersebut dengan bentuk donasi. Kontribusi teman-teman per galon senilai Rp. 26.000,-

2. Ikut menyebarkan pesan ini. Masyarakat lokal percaya mereka bisa meningkatkan kualitas hidup mereka dengan inisiasi kegiatan ini. Kami juga percaya. Oleh karena itu, kami menyampaikan pesan ini ke teman-teman.

3. Apapun yang ingin teman-teman kontribusikan, termasuk doa. Setiap kontribusi kalian sangat berarti bagi masyarakat lokal Komodo.

Buat teman-teman yang memberikan donasi untuk Galon, kami akan mempersiapkan beberapa hal:

1. Memberikan nama Galon tersebut serta menuliskannya pada setiap Galon yang kamu donasikan sesuai dengan nama yang agan-agan berikan. Teman-teman bisa ngasih nama kalian, perusahaan kalian, binatang peliharaan kesayangan kalian, atau nama apapun yang kalian pengen kasih buat Galon ini.

2. Mengirimkan kartu pos dengan foto yang langsung diambil dari lokasi ke alamat rumah kalian.

3. Update rutin ke email kamu soal perkembangan inisiasi air bersin ini.

Kalo teman-teman tertarik untuk berkontribusi, teman-teman bisa mengirimkan email ke pickbird@yahoo.com atas nama Shana atau email KOMODO WAI di id.cleanwater@gmail.com untuk mengirimkan informasi mengenai nama yang ingin teman-teman berikan untuk galon2 tersebut serta alamat yang akan kami kirimkan kartupos. Kami akan segera menghubungi teman-teman langsung.

Donasi untuk Galon bisa disalurkan melalui transfer ke:
1. Rek. Mandiri 1240005662425 a.n. Tinamitra Mandiri
2. Rek. BNI 0084762755 a.n. Adhi Setyo Santoso
3. Rek BCA: 7660305402 a.n. Hasna Afifah
4. Rek Woori Bank (Korea) 1002145667008 a.n. Santoso Adhi Setyo
5. paypal: adhi.setyo.santoso@gmail.com

Untuk setiap kontribusi yang teman-teman berikan, ucapan “terima kasih” mungkin tidak cukup. Jadi kami berharap teman-teman bisa dapatkan pengalaman yang menyenangkan dari program ini, seperti yang kami rasakan juga. Kami bakal kerja keras agar kontribusi teman-teman memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat lokal Komodo. Kami juga berdoa agar kontribusi yang teman-teman berikan bakal memberikan kebaikan bagi kalian di masa depan. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih atas perhatian teman-teman semua.

Air bersih untuk masyarakat kuat dan sehat!

Salam hangat,

Tim Komodo WAI*
*Wai = ‘Air’ dalam bahasa masyarakat Komodo

Advertisements

One response to “Bantu Warga Komodo Mendapatkan 5000 Galon Untuk Mengakses Air Bersih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s