tentang bangun (2)

alhamdulillah..baru melewati suatu fase yang sangat berharga dalam hidup. hmm, lucu, karena kadang ada ketidakjujuran yang kita sendiri entah kenapa tidak berani mengakuinya. membuat perubahan? ya tentu saja..malah sangat signifikan. bukan cuma nasib seseorang yang dipertaruhkan, tapi semuanya. pelajaran yang sangat berharga. bereaksi cepat. berpikir cepat. bertindak cepat.
so what’s next? can’t wait to find out..
karena kini kembali ke titik berimajinasi..
mungkin ada yang harus ditambah, atau dikurangi..
mungkin jalannya jadi tambah berat atau bahkan lebih mudah…
who knows…?
but God always knows the best

tetap berdoa dan bersyukur..

Advertisements

One response to “tentang bangun (2)

  1. Hmmm…
    Sha, ada beberapa hal soal “pelajaran berharga” lo.

    Dalam militer, strategi perang antara negara2 barat dan negara2 timur secara garis besar punya satu ciri pembeda yang khas.

    Militer barat, cenderung bertindak dan berpikir. Segala sesuatu dilakukan dengan reaksi cepat tanpa banyak berpikir panjang akan berbagai kemungkinan. Setelah ada respons dari lingkungan sesegera mungkin ditanggapi dengan memperbarui keputusan. Keuntungan tingkat respon sangat tinggi, strategi fleksibel dan adaptif. Kerugian membutuhkan logistik tingkat lengkap dan sumber dana tinggi untuk berbagai perubahan.

    Militer timur, cenderung berpikir dan bertindak. Segala sesuatu direncanakan matang, jangka panjang, lama, dan penuh perhitungan akan berbagai kemungkinan respons dari lingkungan. Strategi cenderung kaku dan terjadwal dengan rinci. Kekuatan utama terletak pada pelaku rencana (SDM) yang banyak sehingga replacement pelaku dapat dilakukan dengan mudah asal rencana tetap berjalan. Keuntungan kebutuhan logistik sedikit dan spesifik (tidak perlu lengkap), tidak dibutuhkan perubahan rencana yang signifikan sehingga sumber dana dapat ditekan tanpa dana tak terduga yang berarti. Kerugian tidak sensitif maupun fleksibel, membutuhkan perancangan lama dan makan waktu, serta rentan pada perubahan kondisi yang extreme.

    Segalanya tidak pernah mutlak shan, jadi tergantung kasusnya sikap yang satu justru lbh menguntungkan dari yang lain.

    Maaf y klo terasa gk nyambung, intermezzo aj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s